Thursday, July 9, 2009

Jawaban Ujian Teknologi Komunikasi

Nama : Bayu Rezki K
Nim : F1C004062
Ujian Teknologi Komunikasi
9 Juli 2009
Semester Genap / 2008-2009

1.Jelaskan pandangan manusia terhadap teknologi, khususnya teknologi komunikasi, Berdasarkan perspektif determinisme teknologi dan konstruksi sosial teknologi?

Jawaban :
Teknologi adalah “a design for instrumental action that reduces in achieving a desired outcome” (roger,1983). Teknologi selalu memiliki dua aspek,yakni aspek hardware dan software.Hardware bersifat visible (dapat dilihat),mungkin inilah yang membuat persepsi kita tentang teknologi selalu pada aspek hardware,berdiri sendiri dan terpisahkan dengan fenomena sosial kemasyarakatan.
Pengertian komunikasi menurut Josef A.Devito, komunikasi adalah “ the process of sending ang receiving message between two person or among a small group of person,with some effect and some immediate feed back” atau proses penyampaian dan penerimaan pesan diantara dua orang atau kelompok kecil,dengan efek dan feed back langsung.
Sedangkan dengan Teknologi Komunikasi sendiri dapat diartikan sebagai perlengkapan hardware, struktur organisasi, dan nilai nilai sosial dimana individu individu mengumpulkan, memproses, dan tukar menukar informasi dengan individu individu lain.(Roger,1986)
Sebutan teknologi komunikasi dan teknologi informasi sering saling dipergantikan kendati komunikasi dan informasi memiliki makna yang berbeda. Munculnya teknologi komunikasi pada hakekatnya didorong oleh kebutuhan untuk gerak atau perpindahan materi pesan supaya dapat mengatasi ruang dan waktu. Menurut Siregar (2001) dalam melihat perubahan dan kemunculan moda komunikasi baru, dapat dikembalikan pada dorongan peradaban yang penting dalam hal pengalihan pesan, yaitu teknologi ”trans” dan ”tele”.
Pandangan manusia terhadap teknologi berdasar perspektif determinisme teknologi adalah manusia menganggap bahwa kehadiran teknologi lebih penting daripada isi atau informasi yang dibawa teknologi itu sendiri.Sebagai contoh penggunaan internet,orang lebih senang browsing internet untuk mencari informasi terbaru dibandingkan mencari menggunakan media lain.
Secara fungsional internet adalah media pertukaran informasi yang tidak berbeda fungsinya dari sebutlah itu telefon, koran, faksimil. Tetapi internet memiliki empat karakteristik yang membuatnya menjadi superior dibanding media komunikasi lainnya. Pertama adalah biaya penggunaan yang relatif murah. Kedua adalah sifatnya yang real time. Ketiga adalah sifatnya yang borderless. Tidak ada sekat-sekat ruang di media ini yang memungkinkan tiap orang dapat saling terkoneksi dengan baik. Keempat, dan ini yang paling penting, internet menyediakan ruang-ruang publik yang tidak dapat ditembus oleh otoritas penguasa.

2. kasus pencemaran nama baik melalui internet yang melibatkan Prita Mulyasari menjadi perhatian nasional. Coba anda analisis kasus Prita, berdasarkan prinsip etika regulasi terkait (UU ITE).

Jawaban:

Kasus yang dialami oleh Prita Mulyasari adalah tenang pencemaran nama baik RS Omni Internasiona di dunia maya atau internet. Pencemaran tersebut terjadi karena Prita menulis sebuah keluhan di internet tentang pelayanan yang kurang memuaskan dari pihak RS Omni Internasional. Akhirnya pesan tersebut tersebar di dunia maya hingga membuat RS Omni Internasional menjadi geram atas tindakan dari Prita Mulyasari, sehingga pihak Rumah Sakit mengadukan Prita secara Pidana. Prita terjerat undang-undang tentang informasi dan transaksi elektronik dan dijerat melalui pasal 27 ayat 3 undang-undang no 11 tahn 2008 yang menyebutkan Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan atau mentransmisikan dan atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan atau pencemaran nama baik. Menurut saya seharusnya Prita tidak usah menggembor-gemborkan permasalahan yang dialami pada dirinya di dunia maya, atau lewat internet. Sehingga pesan yang disampaikan menjadi tersebar kemana-mana, dan pihak yang bersangkutan merasa terugikan atas pencemaran nama baik. Jika ingin menulis sebuah keluhan di internet atas perlakuan yang tidak memuaskan oleh salah satu institusi maka sebaiknya digunakan nama samaran atu inisialnya saja, supaya tidak menimbulkan suatu konflik yang terjadi seperti yang dialami Prita Mulyasari. Padahal alangkah lebih baik lagi jika ia langsung menemui pihak yang bersangkutan untuk mengemukakan pendapatnya bahwa ia merasa dirugikan dengan pelayanan yang diberikan. Karena penyampaian pesan yang secara langsung atau tatap muka lebih baik daripada lewat sebuah media, feed back yang ditimbulkan langsung. Oleh karena itu jangan lah sekali-kali menuliskan suatu keluhan yang akan menjadi sebuah knflik yang terjadi dimasyarakat, bukan berarti kita tidak boleh sama sekali menulis di internet ataupun di blog yang kita punyai, tetapi harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

1. Jangan menulis untuk sekedar mencari perhatian atau sensasi, supaya trafiknya meningkat.
2. Jika ingin mengkritisi, fokus kepada masalah, tidak menyebar atau melenceng dengan embel-embel tertentu.

3. Tulisan harus didukung dengan data dan fakta.

4. Jangan sungkan-sungkan meminta maaf.

5. Berikan solusi, blogger harus bisa memberikan jalan keluar dari masalah yang sedang dikritisinya


3. diskusi para pengelola media belakangan ini berkisar pada tren konvergensi. Salah satu kemungkinan yang terjadi adalah paperless. Bagaimana menurut pendapat anda, apakah memang akan terjadi era tanpa kertas? Jelaskan.

Jawaban:
bisa saja terjadi era tanpa kertas ,tetapi hal itu tidak mungkin bisa dilakukan dalam waktu dekat,karena saat ini masyarakat masih belum bisa lepas dari peranan media cetak,karena media cetak memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan media elektronik diantaranya media cetak masih bisa tersimpan dan dibaca kembali walaupun dalam jangka waktu yang lama sedangkan media elektronik informasi yang bisa diakses hanya saat informasi di publikasikan paling lama 1 mingguan.

4. jelaskan implikasi hadirnya teknologi satelit?

Jawaban:
Dengan hadirnya satelit, komuniksai antar manusia menjadi lebih mudah, sehingga kita bisa terhubung dengan seluruh orang di dunia. Selain itu satelit memiliki kegunaan bagi banyak bidang, antara lain broadcasting, komunikasi telepon, GPS, alat pelacak, internet, navigasi.Selain itu fungsi satelit pun bisa sebaga alat pertahanan negara dari serangan negara lain. Misalkan dengan menggunakan radar yang tersambung dengan satelit kita dapat mendeteksi adanya pesawat musuh yang sedang berada di area kita, sehingga kita bisa mempersiapkan pertahanan-pertahanan yang ada yang memungkinkan dapat mengusir pesawat musuh tersebut. Namun disamping banyak nya keuntungan menggunakan satelit ada juga kekurangannya diantaranya adalah biaya yang dikeluarkan sangatlah mahal.

5. teknologi televisi digital sebetulnya sudah dikenal lama. Kenapa di sebagian besar negara, termasuk Indonesia, teknologi ini tak mudah diterapkan? Jelaskan!

Jawaban:
karena biaya yang cukup mahal sehingga mengakibatkan teknologi televisi belum bisa diterapkan di Indonesia maupun negara berkembang lainnya. Di Indonesia sendiri banyak masyarakat yang belum mengerti tentang teknologi televisi digital atau DTV karena keterbatasan sumberdaya.

No comments: